by

Inilah Cara Memperbaiki Laptop Mati Total, Jangan Buru-buru Diservis

Di zaman sekarang, manusia tidak akan lepas dari teknologi. Karena tak dapat dipungkiri lagi jika teknologi membawa banyak manfaat dan kemudahan bagi kehidupan manusia. Hampir semua aktivitas yang kita lakukan selalu bergantung pada teknologi.

Bagi para pekerja dan pelajar, salah satu teknologi yang biasa dipakai adalah laptop. Dengan laptop, pekerjaan dan tugas-tugas yang dikerjakan bisa dengan mudah diselesaikan. Namun, segala kelebihan dan kemudahan tersebut, laptop juga bisa mengalami masalah atau gangguan. Salah satu masalah yang biasa dialami oleh para pengguna laptop adalah laptop yang mati total.

Laptop yang mati total bisa sangat menjengkelkan. Apalagi laptop bisa mati ketika kita sedang mengerjakan tugas yang penting.
Sebelum membawa laptop yang mati total ini untuk diservis, ada baiknya melihat cara memperbaiki laptop mati total terlebih dahulu yang di rekomendasikan biggu:

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total

Laptop Mati Total Karena Baterai dan Pengisi Daya

Cara memperbaiki laptop mati total yang pertama ini digunakan ketika laptop mati total dikarenakan baterai laptop yang bermasalah, alat pengisi daya laptop yang tidak bisa digunakan, atau keduanya tidak dipasang dengan benar.

Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan baterai dan ala pengisi daya laptop terpasang dengan baik
  2. Bila tetap tidak mau menyala, coba gunakan baterai lain
  3. Jika tidak ada, lepaskan baterai dan hidupkan laptop hanya dengan menggunakan alat pengisi daya saja. Hal ini juga bertujuan untuk memastikan apakah alat pengisi daya laptop berfungsi dengan baik
  4. Apabila laptop masih tetap tidak bisa hidup, maka coba untuk memindahkan charger pada lubang stop kontak yang lain.

Langkah Memperbaiki Laptop Mati Total

Jika cara tersebut masih membuat laptop yang mati total belum mau menyala, maka coba untuk lakukan “power reset” untuk membuat laptop mati total kembali menyala.

Cara memperbaiki laptop mati total dengan menggunakan “power reset” dapat kita lakukan dengan menggunakan langkah-langkah berikut:

  1. Putuskan laptop dari semua sumber listrik dengan melepas alat pengisi daya dan baterai laptop
  2. Dalam kondisi laptop yang kosong, kita tekan tombol “power” selama 30 detik. Hal ini bertujuan agar listrik di dalam laptop benar – benar tidak habis.
  3. Kemudian pasang baterai dan alat pengisi daya laptop kembali.
  4. Coba hidupkan laptop seperti biasa.

Laptop Baterai Tanam Tidak Bisa Hidup

Kondisi lainnya, mungkin Anda akan menemukan laptop yang tidak bisa hidup meskipun sudah menekan tombol power dan lampu indikator pada tombol power sudah menyala.

Untuk mengatasi masalah laptop yang seperti itu, maka coba ikuti langkah-langkah cara memperbaiki laptop mati total berikut ini:

  1. Cobalah lakukan hard reset pada laptop dengan cara melepaskan baterai dan cabut adaptor AC pada laptop. Setelah itu tekan dan tahan tombol power sekitar 20 detik. Kemudian kembalikan semuanya seperti semula dan kerjakan boot kembali,
  2. Nyalakan laptop hanya menggunakan adaptor dengan cara melepas baterai laptop. Kemudian coba nyalakan laptop yang mati total tersebut. Jika masih tidak bisa menyala, maka coba cari adaptor lain, yang memiliki tegangan yang sama
  3. Periksa RAM dengan cara melepas RAM laptop sebentar. Kemudian pasang kembali seperti biasa. Setelah itu coba hidupkan kembali laptop Anda,
  4. Gunakan monitor eksternal dengan cara gunakan monitor eksternal, kemudian masukan port HDMI atau port VGA laptop. Apabila layar eksternal menyala, itu artinya masalah laptop mati total tersebut disebabkan karena layar laptop yang kita miliki bermasalah.

Apabila semua cara di atas belum bisa menghidupkan laptop yang mati total, maka perlu membawa laptop ke service center terdekat. Karena bisa jadi, laptop yang mati total disebabkan karena adanya kerusakan pada hardware atau komponen laptop lainnya, atau karena komponen di dalam laptop memang perlu diganti.

News Feed