Ketika anda sedang membutuhkan dana tambahan dalam waktu yang mendesak maka salah satu cara yang akan anda pilih adalah dengan mengajukan pinjaman. Namun bila mengajukan pinjaman pada bank maka membutuhkan waktu yang cukup lama. Sedangkan anda harus segera memperoleh dana tersebut. Tak perlu khawatir karena kini telah hadir kredit pinjaman online yang bisa langsung cair dalam hitungan jam saja.

Pinjaman online ini prosesnya dilakukan secara online mulai dari pengajuan hingga pencairan. Proses pengajuan pinjaman bisa dilakukan baik melalui website maupun aplikasi pinjaman online tersebut. Pastikan anda memilih pinjaman online yang terpercaya dan berada di bawah pengawasan OJK supaya aman dan terhindar dari penipuan. Sebelum anda mengajukan pinjaman online, sebaiknya cari tahu kelebihan dan kekurangan jenis kredit yang satu ini supaya anda semakin yakin.

Kelebihan Pinjaman Online

Pinjaman online memiliki beberapa kelebihan diantaranya sebagai berikut.

  1. Proses yang Mudah

Proses pengajuan pinjaman online sangatlah mudah dibandingkan jenis pinjaman offline. Sebab anda tak perlu datang ke kantor cabang lembaga keuangan tersebut. Cukup memakai gadget serta jaringan internet maka pengajuan pinjaman bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

  1. Dana Cepat Cair

Selain pengajuannya yang mudah, dana yang anda pinjam nantinya akan cair dalam hitungan hari sekitar 1-3 hari setelah pengajuan pinjaman. Bahkan bila sebelumnya anda sudah pernah meminjam maka proses hanya membutuhkan hitungan jam saja. Pencairan dana yang cepat ini disebabkan oleh tidak adanya agunan sehingga tidak membutuhkan waktu untuk pengecekan agunan atau aset tersebut.

  1. Persyaratan yang Tidak Ribet

Pengajuan pinjaman online tidak membutuhkan persyaratan yang ribet. Kebanyakan persyaratan dokumen yang dibutuhkan saat pengajuan yaitu KTP, NPWP, surat keterangan penghasilan atau slip gaji serta rekening tabungan.

  1. Dapat Dipakai untuk Berbagai Keperluan

Berbeda dengan pinjaman offline, pinjaman online bisa dipakai untuk berbagai keperluan ketika sudah cair. Namun pastikan uang pinjaman tersebut dipakai sebaik mungkin dan tidak hanya untuk keperluan konsumtif semata.

Kekurangan Pinjaman Online

Selain menawarkan kelebihan, pinjaman online juga memiliki kekurangan yang perlu anda pahami diantara sebagai berikut.

  1. Sistem Bunga Harian

Berbeda dengan kredit pinjaman dengan agunan, pinjaman online tanpa agunan justru menerapkan sistem bunag harian. Bila tidak mengambil tenor yang singkat maka bunganya tidak begitu terasa. Namun bila tenor yang diambil cukup lama maka besarnya bunga akan semakin tinggi. Sebaiknya sebelum mengajukan pinjaman online, silakan hitung besarnya bunga dan masa tenor terlebih dahulu.

  1. Plafon yang Tidak Terlalu Besar

Karena proses pencairannya yang cukup singkat maka pinjaman online tidak memberikan plafon pinjaman dalam jumlah besar. Biasanya jumlah plafon yang diberikan maksimal sebesar Rp 30 juta. Tapi jika anda membutuhkan dana pinjaman dalam jumlah yang tidak terlalu besar maka pinjaman online siap melayani tanpa ribet.

  1. Tenor yang Singkat

Pinjaman online menawarkan plafon yang tidak terlalu besar dan berpengaruh pada masa tenornya. Masa tenor yang diberikan biasanya sekitar 10-180 hari. Semakin lama tenor tersebut maka nilai bunganya juga semakin besar.

  1. Waspada Pinjaman Online Ilegal

Ternyata tidak semua pinjaman online ilegal dan terpercaya. Hal inilah yang memungkinkan adanya tindak penipuan dengan kedok pinjaman online bila anda kurang cermat. Pastikan mengecek perusahaan pinjaman online tersebut apakah sudah terdaftar OJK atau belum agar semakin terpercaya.

Demikianlah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan kredit pinjaman online yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang saat ini mencari pinjaman online yang aman dan terpercaya dengan menawarkan berbagai kelebihan maka Tunaiku adalah jawabannya. Yuk download aplikasi Tunaiku di Playstore dengan cara mengklik tautannya disini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tunaikumobile.app. Sebab perusahaan keuangan ini sudah terbukti berpengalaman dan sudah terdaftar resmi di OJK.