by

Mengenal Investasi dan Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 juta

-Bisnis-25 views

Menginvestasikan uang di pasar saham atau pun peer to peer lending bukanlah sesuatu yang harus ditunda; berinvestasi harus dilakukan seawal mungkin.

Kenapa? Hal tersebut perlu dilakukan agar nilai uang semakin bertambah seturut berjalannya waktu. Contoh kecilnya seperti ini. Misalkan, Anda memiliki uang sebesar Rp 1.000.000 dan disimpan di bawah kasur.

Bila Anda memeriksa kasur tersebut 20 tahun kemudian, Anda akan menemukan uang senilai Rp 1.000.000 tanpa adanya nominal yang bertambah sepeser pun.

Sebaliknya, bila Anda menginvestasikan uang Rp 1 juta tersebut di peer to peer lending, meskipun Anda belum pernah berinvestasi sebelumnya, paling tidak dengan bunga 18% per tahun Anda sudah bisa menambah nilai uang tersebut menjadi Rp 1.310.000, dan paling tidak Anda akan mendapatkan lebih dari Rp 6.200.000 keuntungan bersih dalam 20 tahun mendatang yang belum termasuk dengan compounding effect.

Keuntungan dari investasi tersebut tentu tidak akan bisa memenuhi dana pensiun Anda untuk 20 – 30 tahun ke depan yang .di rekomendasikan sickforprofit.com.

Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 Juta

Di tahap ini Anda sudah paham bagaimana cara kerja investasi secara umum dan bagaimana investasi akan menghasilkan keuntungan bagi Anda.

Anda pun sudah tahu bagaimana cara kerja empat jenis investasi yang kini sudah mulai dikenal di tengah masyarakat.

Nah sekarang, bila Anda memiliki dana sebesar Rp 1 juta yang bisa diinvestasikan, dan Anda sudah paham bagaimana cara kerja paling tidak empat instrumen di atas, Anda tentu harus memilih jenis investasi mana yang akan Anda coba dengan nominal tersebut.

Setiap investor pemula diharapkan dapat memulai investasi dengan sistem diversifikasi sekaligus mempelajari risiko dan keuntungan beserta cara kerja instrumen investasi yang dituju.

Cara Memulai Investasi: Bagaimana Cara Kerja Investasi? Investasi Saham Hingga Peer to Peer Lending

Anda tentu sudah memahami bahwa uang yang diinvestasikan akan menghasilkan keuntungan untuk Anda.

Namun, bagaimana sebenarnya investasi bekerja dapat disederhanakan seperti ini: dengan berinvestasi Anda cukup menggelontorkan dana investasi agar dapat menghasilkan untuk Anda.

Investasi Saham

Ketika Anda berinvestasi di pasar saham, Anda mempertaruhkan dana investasi Anda sebagai bentuk kepemilikan saham atas perusahaan yang Anda investasikan.

Dalam cakupannya, Anda menjadi bagian dari pemilik perusahaan karena dana investasi Anda mengalir dalam pengembangannya.

Investasi Peer to Peer Lending

Investasi peer to peer lending lebih unik, dan dengan sistem yang masih baru, dengan berinvestasi peer to peer lending maka sama artinya dengan meminjamkan modal atau uang ke pelaku bisnis dan masyarakat secara umum.

Sama seperti obligasi, meminjamkan uang ke pelaku bisnis atau masyarakat umum untuk berbagai keperluan tidak berarti Anda mempunyai kepemilikan atasnya.

Keuntungan yang Anda dapatkan lebih kepada keuntungan jangka pendek, sebab tenor pinjaman yang bisa Anda investasikan hanyalah berkisar antara 6 bulan, 12, 18, hingga 24 bulan.

Selain itu, keuntungan yang bisa Anda dapatkan berkisar mulai dari 18% pertahun, dan akan lebih tinggi lagi karena adanya compounding effect.