Load bank atau yang memiliki istilah umum Dummy Load, adalah alat untuk menguji ketahanan dan kapasitas genset. Bentuk load bank hampir mirip dengan barbel yang ada di pusat kebugaran. Meskipun bukan beban yang nyata, namun loadbank berkualitas dapat digunakan untuk menyimulasikan beban nyata untuk menguji ketahanan genset.

Load bank juga hadir dalam bentuk yang lebih sederhana, yaitu yang menggunakan air bercampur dengan garam. Nah, listrik yang berasal dari genset akan dimasukkan ke dalam air garam ini. lalu, listrik akan mengalir melalui air garam dan memanaskannya.

Ini adalah bentuk load bank yang sangat sederhana. Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyediakan drum kosong. Lalu, isilah drum tersebut dengan iar hingga ketinggain 70% dan campurkan dengan garam secukupnya. Kemudian, alirkan listrik tiap fasa dari generator ke dalam air garam melalui Bus Bar tembaga. Semakin dalam luas penambang bus bar yang masuk ke dalam air, maka beban yang ditanggung oleh genset akan semakin besar pula.

Namun demikian, load bank jenis ini juga memiliki kelemahan. Kelemahan dari load bank air garam ini adalah gelembung-gelembung udara yang muncul di saat air garam mulai mendidih. Gelembung-gelembung ini tentu saja akan mengganggu transfer listrik. Hal ini menyebabkan simulasi beban load bank menjadi tidak bisa dikendalikan dengan baik. Oleh karena itu, load bank air garam ini biasanya hanya digunakan untuk genset dengan kapasitas yang kecil yaitu dibawah 200 KVA, dan hanya dalam waktu yang singkat.

Fitur Load Bank

Loadbank bermutu tidak hanya untuk menyimulasikan beban, namun juga berperan dalam pergerakan beban. Dalam pemakaian yang nyata,  genset akan menghadapi beban kejut, beban turun naik, serta beban overload. Genset dalam keadaan yang prima seharusnya dapat menghadapi semua pergerakan beban tersebut.

Selain untuk menguji genset, Load bank yang paling canggih lagi juga bisa menyimulasikan Power Factor. Loadbank terbaik semacam ini biasanya dilengkapi dengan serangkaian Capacitor Bank atau Inductor Bank yang pastinya akan membutuhkan biaya yang lebih banyak, namun memungkinkan Anda untuk menguji genset dengan lebih lengkap.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan load bank untuk menguji genset ketahanan dan kapasitas genset, Anda dapat menyewa load bank yang ada di Sewatama. Untuk informasi lebih lengkap mengenai load bank, Anda bisa mengunjungi situs https://sewatama.com/id/.