Saat bayi kita berumur satu tahun, tentunya sedang lucu-lucunya, masih belajar berdiri, bahkan ada yang sudah bisa berjalan, banyak orang tua yang ingin mendandani anaknya dengan menarik, oleh karena itu tidak sedikit produsen pakaian bayi yang memproduksi pakaian bayi usia 1 tahun dengan berbagai model. Sayangnya, orang tua banyak memilih baju hanya dengan berdasarkan model yang keren dan bagus saja, padahal untuk anak usia 1 tahun sangat perlu diperhatikan bahan dan kualitas baju tersebut karena kulitnya masih sangat sensitive. Selain itu, usahakan baju yang kita pilih berukuran sedikit longgar, karena bayi 1 tahun masih sangat cepat pertumbuhannya. Dengan demikian, memilih baju dengan ukuran yang pas bisa membuat baju akan lebih cepat sempit dan tidak bisa digunakan lagi. Banyak hal yang perlu diperhatikan orang tua dalam membeli atau memilihkan pakaian untuk bayi satu tahun. Berikut ini adalah panduan memilih baju bayi laki-laki 1 tahun :

  1. Murah tapi tidak murahan

Membeli baju bayi laki-laki 1 tahun sebaiknya tidak membeli dengan harga yang mahal, pertumbuhan tubuh anak sangat cepat membuat baju yang dibeli sekarang, bisa jadi tidak muat lagi sekitar 2 atau 3 bulan ke depan, kita harus benar-benar pintar memilah pakaian yang dibeli dari harganya, walaupun kita dianjurkan membeli pakaian yang murah, tapi bukan berarti pakaian tersebut adalah pakaian murahan. Pakaian murahan yang dimaksud adalah pakaian yang rendah kualitasnya, bahannya juga bisa berdampak tidak baik pada kulit bayi. Jadi, meski mencari pakaian yang murah, pastikan bahwa pakaian tersebut benar-benar lebih aman untuk bayi kita.

  1. Pilihlah bahan yang nyaman

Bahan adalah hal yang paling utama. Pastikan pakaian yang kita pilihkan untuk bayi kita terbuat dari bahan yang super nyaman juga tidak berbahaya bagi kulit bayi kita. Ada beberapa jenis bahan yang bisa kita pertimbangkan, seperti katun, spandex dan bahan lainnya yang lembut di kulit, baju bahan katun yang bisa dipilih adalah jenis katun kaos, dengan elastis atau bagian fleksibelnya. Dengan demikian, kita bisa memastikan bahwa gerak anak Anda akan lebih leluasa, juga pakaian yang digunakan lebih sejuk di tubuh bayi kita.

  1. Mudah perawatannya

Pakaian bayi yang dipilih seharusnya mudah dirawat, mudah juga dibersihkan. Pakaian bayi tidak mengandung zat pewarna yang luntur, atau sablon yang mudah terkelupas, pakaian bayi tersebut juga saat dibersihkan sebaiknya dipisahkan dari pakaian penghuni rumah lainnya dan ditujukan untuk menghindari pakaian bayi terkontaminasi dengan pakaian orang dewasa.

  1. Memiliki kualitas jahitan yang bagus

Karena mengedepankan kualitas, maka kita juga harus memperhatikan kualitas jahitan dan teknik pembuatan baju bayi tersebut. Pastikan bahwa bagian jahitannya rapi dan tidak berpengaruh pada tubuh bayi kita, kita tidak boleh hanya peduli pada model pakaian tersebut, atau hanya tergiur dengan potongan harga besar. Misalnya,  kita yang tadinya mau menghemat pengeluaran, justru akan mengeluarkan biaya lebih besar apabila bayi kesayangan kitaa justru menderita ketika menggunakan pakaian yang jahitannya kurang rapi, apalagi di bagian dalam yang langsung menyentuh kulit.

  1. Memiliki label SNI

Seluruh produk yang Anda beli seharusnya sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk menjamin keamanan dan kenyamanan konsumen. Standar Nasional Indonesia ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional atau BSN, melalui Peraturan Menteri Perindustrian dan untuk pakaian bayi, SNI dihitung berdasarkan parameter tertentu yang wajib dipenuhi dari satu produk. Beberapa syarat utama yang wajib dipenuhi oleh produk pakaian bayi untuk mendapat label SNI adalah tidak adanya kadar formaldehida pada pakaian bayi, sebab pakaian bayi yang mengandung zat tersebut akan berdampak buruk pada kulit bayi, meskipun begitu pakaian bayi juga tidak boleh mengandung zat pewarna azo karsinogenik dan ditujukan untuk keamanan dan kenyamanan ekstra dari pakaian tersebut.

Sekian informasi tentang panduan memilih baju bayi laki-laki 1 tahun semoga bermanfaat bagi teman-teman semuanya.